Minggu, 16 Oktober 2016

Internet sebagai Ladang Rezeki

Saya anak terakhir dari lima bersaudara. Seluruh saudara saya masih diberi kesempatan untuk mencari ilmu hingga di bangku perkuliahan dan akhirnya masing-masing dari kami sukses dalam hal berbisnis. Yang menjadi pembeda antara generasi pemuda dahulu dengan sekarang salah satunya yaitu era globalisasi yang mencakup teknologi.

Saudara-saudara saya yang mempunyai satu sifat yaitu hobi berbisnis, masih mengandalkan pasar tradisional sebagai media dalam berbisnis pada saat itu. Seiring perkembangan zaman, dunia teknologi di Indonesia semakin berkembang. Banyaknya alat penunjang yang dapat membantu aktivitas contohnya telepon genggam (Smartphone). Ketika masa nya saya masuk dunia perkuliahan, saya sangat bersyukur berkat produk dari Telkom. Saya serasa dapat menggenggam dunia. Bagaimana tidak? Dari produk-produknya PT. Telkom Indonesia tbk. yang sudah saya gunakan mampu melancarkan bisnis saya saat dibangku kuliah.

Dibangku perkuliahan, saya mempunyai hobi berbisnis. Seorang mahasiswa dengan uang yang pas-pas an, kemungkinan kecil untuk dapat membuka usaha. Namun, Hal itu tidak bagi saya. Perkembangan zaman yang semakin canggih ini, dengan memanfaatkan teknologi smartphone saya dapat membuka usaha makanan saya melalui internet (online). Awal mula membuka usaha, saya terbantu oleh layanan internet dari Telkomsel untuk pemasarannya. Produk yang saya keluarkan termasuk langka dipasaran.  Jenis produk yang saya keluarkan adalah Coklat Lele Enak (COLEK), perpaduan antara coklat dan ikan lele ini mempunyai nilai tersendiri. Dengan produk yang unik, mempunyai rasa yang enak dan dapat diterima dilidah masyarakat ini mampu meningkatkan perekonomian saya saat kuliah. Bahkan penjualannya pun hingga ke luar negeri.

Mengingat bahwa kekuatan bisnis online adalah jaringan internet, maka saya harus benar-benar memilih jaringan yang kuat dan mempunyai jangkauan yang luas agar bisnis saya lancar.
Saat saya sedang manjalankan KKN di salah satu Desa terpencil di Jawa Tengah, Saya mulai gelisah kala itu. Apakah saya masih dapat menerima sinyal disana?? Mengingat bahwa penjualan saya itu melalui online (internet). Saat itu ada customer yang sedang mendesak ingin membeli produk saya,  dan Alhamdulillah sinyal Telkomsel dapat menjangkau keseluruh wilayah KKN saya sehingga dengan cepat saya dapat melayani pemesanan customer.

Untuk berwirausaha tidak perlu membutuhkan modal yang banyak hanya perlu tekad yang kuat dan berani menjalankan. Dengan internet semua bisa.
#IndonesiaMakinDigital    

4 komentar:

  1. Telkomsel memang bisa diandalkan ya mbak...menjangkau hampir seluruh pelusok negeri.

    BalasHapus
  2. Kalau masalah jaringan mantep dah Telkomsel..

    BalasHapus